Disporasu Gelar Seminar Identifikasi Bakat Potensi Pelajar Dalam Olahraga

disporasu gelar seminar

Topmetro.News – Olahraga merupakan suatu aktifitas yang melibatkan gerak, fisik, aturan-aturan tertentu dan prinsip-prinsip menuju tujuan yang diharapkan. Beberapa factor yang mempengaruhi dalam olahraga prestasi diantaranya, adalah program latihan yang menunjang dan potensi atau bakat yang dimiliki oleh atlet/pelajar itu sendiri. Untuk itu, Disporasu menggelar seminar Identifikasi Bakat Potensi Pelajar, dalam olahraga.

Sampai saat ini dalam pencapaian prestasi khususnya dalam bidang olahraga, yang dinilai masih banyak cabang olahraga yang dalam pembinaannya belum mencapai hasil maksimal/optimal. Dan selalu mendapatkan hambatan-hambatan. Salah satunya adalah sulitnya menemukan atlet-atlet yang berbakat, walaupun bakat tidak berpengaruh secara mutlak namun bakat mempunyai peranan yang besar dalam meraih prestasi. Salah satu upaya untuk mendapatkan atlet-atlet yang berbakat, diantaranya adalah melakukan pemanduan bakat sejak usia dini.

Usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau usia antara 12-15 tahun, merupakan masa-masa yang sangat menentukan di dalam kemungkinan pencapaian prestasi dikemudian hari. Pada usia ini para pelatih, pendidik dan orang tua sangat berkompetensi dan berpengaruh, terhadap perkembangan dan kematangan atlet/pelajar tersebut.

Untuk itu Pemerintah Propinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan “Identifikasi Bakat dan Potensi Pelajar dalam Olahraga Tahun 2019”. Yang diprogramkan untuk mendata para pelajar, khususnya pelajar SMP dan sebagian kelas X khususnya di Sumut.

“Acara ini sangat penting karena jadi modal para guru olahraga maupun pelatih dalam mencari bibit-bibit olahraga. Di Sumatera Utara banyak sekali anak-anak usia dini yang memang mempunyai bakat di bidang olahraga. Sekarang ini kita mulai,” kata Kadisporasu H Baharuddin Siagian SH.

Kegiatan Ekstra di Sekolah Jadi Wadah Mengembangkan Bakat Siswa

Kadisporasu diwakili Kabid PPO Disporasu Josua Sinurat menyebutkan, cara tepat untuk mengetahui bakat dan minat siswa atau anak adalah dengan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstra yang dilakukan di sekolah menjadi wadah untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. “Ada beberapa manfaat lainnya yang bisa didapatkan, seperti memberikan bekal untuk mempersiapkan karier siswa dan memupuk rasa tanggung jawab pribadi atau sosial,” ujarnya.

Selain itu, imbuhnya, kita juga akan terus mendorong anak-anak yang mengikuti acara identifikasi bakat. “Mana kira-kira cabang olahraga yang diikuti dan disukai, dan ini harus betul betul-betul dilihat secara lebih mendalam baik oleh orangtua, guru dan pelatih, tentu juga oleh KONI,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Joni Siahaan mengatakan, maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan Identifikasi Bakat dan Potensi Pelajar dalam Olahraga Tahun 2019, sesuai penjelasan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Sebagai ajang pencarian bibit olahraga yang diproyeksikan mampu menjadi bibit unggulan dalam bidang olahraga. Sekaligus

Meningkatkan kualitas SDM melalui pencarian bibit dan daya saing yang sehat dalam berolahraga. Kegiatan berlangsung dua hari ini melibatkan 45 guru olahraga di Sumatera Utara.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment